Jika kita bertanya pada beberapa orang baik itu anak remaja ( ABG ) maupun orangb dewasa, apakah mereka pernah mengalami stress karena jerawat di mukanya ??? pasti ada yang stress, tetapi ada pula yang masa bodoh ( tak peduli ). Jerawat sendiri itu adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit sehingga menimbulkan kantong nanah yang meradang atau tumpukan minyak berlebih dan berkolaborasi dengan bakteri.

Menurut Kligmann ( peneliti masalah jerawat ternama didunia ) bahwa “tidak ada satu orang pun didunia ini yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat dikulitnya “. Jerawat tidak hanya di wajah tetapi basanya terdapat di punggung dan dada. Kemungkinan penyebab jerawat adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak dikulit. Perubahan hormonal lainnya adalah menstruasi, kehamilan, konsumsi pil KB secara tidak teratur, serta stress.

Mari kita kenali tipe-tipe jerawat, yaitu :

  • Komedo

Ialah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka ataupun tertutup. Pori-pori terbuka ( blackhead ) terlihat seperti pori-pori yang membesar dan melebar. Sedangkan Pori-pori tertutup ( Whitehead ) memilikikulit yang tumbuh diatas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan kecil berwarna putih, penyebabnya adalah sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebih pada kulit.

  • Jerawat biasa

Ialah sebuah tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan, terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri, bisa berasal dari waslap, kuas mike up, jari tangan ponsel, stress,hormon, dan udara lembab.

  • Jerawat Batu ( Cytic Acne )

Ialah jerawat besar dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka, secara genetik penderita mempunyai kelenjar minyak yang over aktif.

Sebelum terlanjur menderita jerawat yang lebih parah, ayuk kita kenali tipe kulit wajah kita,apakah termasuk kulit kering, normal, atau berminyak. Maka sebaiknya kita melakukan hal-hal seperti ini :

  1. Kulit wajah harus selalu bersih ketika sedang istirahat dirumah
  2. Tidak memakai tata rias saat tidur
  3. Kebutuhan pembersih dan mike up berbeda-beda sesuai tipe kulit wajah masing-masing
  4. Jangan terlalu sering memegang wajah dengan jari tangan,karen bakteri banyak tumbuh di jari tangan
  5. Jika terdapat jerawat, jangan dipencetkarena pada umumnya jerawat akan hilang sendiri dalam waktu delapan hari.
  6. Bersihkan wajah minimal dua kali sehari untukmenghilangkan minyak berlebih.
  7. Usahakan hindari sinaran matahari langsung dan asap kendaraan
  8. Hindari makanan berminyak dan pedas
  9. Hindari makanan yang menjadi pantangan ( menyebabkan alergi kulit )
  10. Hindari stress
  11. Seringlah untuk berolahraga

Jadi kenali tipe kulit wajah kita lebih mendalam, berikan perawatan

yang cukupdan hindari pemakaian kosmetik yang sembarang. Cintai diri kita sendiri………….